Pemasaran dan Digital Marketing

Pemasaran dan Digital Marketing

Di era serba digital ini, masyarakat yang berawat dari citizen, berubah perlahan terminologinya menjadi netizen.

Netizen merupakan warga yang aktif terlibat dan sosialisasi di dunia pada dunia internet.

Gaya, kebutuhan dan pola hidup pun perlahan ikut menyesuaikan menuju kehidupan digital.

Perubahan menuju dunia digital ini tidak hanya berdampak pada komunikasi dan penyebaran berita.

Namun juga pada perekonomian, terutama transaksi jual-beli. Konsumen dimudahkan dengan pembelian via online, karena konsumen tidak harus pergi ke toko langsung untuk pembelian.

Sebagai pengusaha, anda juga harus pintar memasarkan produk. Pengusaha juga herus menyesuaikan cara penjualan produk agar usahanya bisa bertahan. Dengan digital marketing.

Digital marketing merupakan bentuk memasarkan produk secara digital (atau online).

Tujuan dengan memiliki strategi digital marketing yakni mempromosikan produk (atau merk), membentuk preferensi, meningkatkan penjualan dan yang paling utama adalah menjangkau konsumen yang lebih luas.

Dalam dunia digital marketing memiliki beberapa pendekatan sebagai apa saja yang harus dilakukan.

Anda bisa mempromosikan produk anda melalui blog, podcast, video, enewsletters, SEO, social media marketing, periklanan online (google ads., facebook ads. dan lain-lain).

Berikut keuntungan yag didapatkan dari penggunaan digital marketing

1. Hemat biaya

Dibandingkan dengan media masa offline (traditional mass media marketing), digital marketing memiliki biaya yang lebih rendah.

Dalam banyak kasus, traffic situs website akan menghasilkan lebih banyak biaya, bahkan secara gratis.

2. Interaktivitas

Interaktivitas artinya adanya informasi dua arah antara perangkat dengan pengguna.

Dalam interaktivitas, individu dapat memodifikasi konten dan kecepatan lingkungan bermedia.

3. Jangkauan Konsumen Lebih Luas

Pemasaran digital dapat menjangkau konsumen lebih luas. Misalnya target pasar anda remaja umur 13-20 tahun, anda bisa mengjangkau remaja usia 13-20 tahun diseluruh pelosok daerah.

Anda juga bisa memasarkan seluruh produk anda ke jangkauan yang lebih luas, misal ke luar negeri.

4. Mudah beradaptasi

Online market dapat dengan mudah beradaptasi dengan lingkungannya. Maksudnya, anda bisa dengan mudah menyesuaikan produk anda disesuaikan dengan feedback konsumen anda.

5. Lebih dekat dengan konsumen

Walaupun dilakukan secara online yang hanya bertemu dengan dunia maya, disatu sisi anda bisa menjangkau konsumen anda lebih dekat.

Dengan adanya customer service online representatives konsumen dimudahkan untuk memberikan feedback, kritik dan saran mengenai produk dan service anda.

Tanpa harus bertatapan langsung, konsumen akan mendapatkan emosi dan perasaan kepemilikan terhadap produk anda.

Digital marketing akan terus berkembang seiring dengan perkembangan teknologi dan dunia digital.

Seperti yang dilakukan PT Gizi Indonesia. Gizi Indonesia merupakan jasa maklon kosmetik halal yang memproduksi produk kecantikan.

icon gizi indonesia
icon gizi indonesia

Gizi Indonesia sebagai jasa maklon kosmetik halal juga memiliki team digital marketing untuk memasarkan produknya.

Apa sih jasa maklon kosmetik?

Jasa maklon kosmetik merupakan perusahaan yang berbasis jasa yang memproses produksi barang.

Dari mulai pra produksi (pembelian bahan baku), formulasi produk, pembuatan produk, outputnya adalah produk.

Konsep produk biasanya tergantung pada klien dan disesuaika dengan kebijakan perusahaan dan hasil diskusi antara staf profesional perusahaan dengan klien.

Gizi Indonesia memiliki tim research and development yang bernama Gizi Herbal Research yang akan selalu melakukan penelitian dan menemukan formulasi produk baru.

Untuk produk anda yang sudah terlanjur terdistribusi, jangan khawatir karena Gizi Herbal Research akan mengembangkan formulasi produk yang sudah terdistribusi.

Komitmen Gizi Indonesia tercermin dengan selalu menggunakan bahan baku alami dan halal.

Maksudnya konsep halal ini tidak hanya berlaku pada output produk yang dihasilkan, namun jauh sebelum proses produksi, dari mulai pembelian bahan baku.

Gizi Indonesia hanya bekerja sama dengan supplier yang sudah tersertifikasi halal. Selain supplier yang sudah tersertifikasi halal, alat produksi pun Gizi Indonesia harus memodifikasi dan membeli peralatan yang halal.

Hal ini merupakan salah satu bukti komitmen perusahaan bahwa ‘halal’ tidak hanya diimplementasikan pada hasil prduk saja, namun proses menuju halal pun juga harus sesuai kriteria halal.

Anda akan mendapatkan fasilitas one stop shopping. Jadi, selain mendapatkan produk, Gizi Indonesia dapat membantu anda mendaftarkan produk anda ke Badan POM.

Karena setiap produk kecantikan harus bersertifikasi Badan POM (dan Halal) agar dapat dipasarkan secara legal.

Untuk info lebh lengkap, anda bisa dapat konsultasikan visi dan misi produk atau perusahaan anda ke staf profesional Gizi Indonesia dengan klik disini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *